Sabtu, 09 Maret 2013

kisi kisi UTS

KISI KISI UTS PAI Kelas IX Semester Genap DRAFT KISI-KISI SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER II PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 KELAS IX NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI KELAS / SMT. INDIKATOR C NO SOAL 1. Menerapkan tata cara membaca Al-qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”- Insyirah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf. Menampilkan bacaan QS. Al Insyirah. IX / 2 Ditampilkan ayat-ayat QS. Al-Insyirah secara acak, peserta didik dapat menyusunnya dengan benar. C.1 1 IX / 2 Disajikan beberapa pernyataan tentang asbabun nuzul QS. Al-Insyirah C.2 2,3,4 IX / 2 Ditampilkan ayat-ayat QS. Al-Insyirah, peserta didik dapat menyebutkan arti dan kandungan ayat dengan benar. C.3 5, 21, 22, 31 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja seperti yang terkandung dalam QS. Al-Insyirah IX / 2 Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukankan sikap terpuji dalam bekerja seperti yang terkandung dalam surat Al-insyirah. C.3 6, 23, 24, 25 2. Membaca hadits tentang kebersihan, menyebutkan arti hadits dan menampilkan perilaku bersih seperti dalam hadits Menampilkan Hadits tentang kebersihan IX / 2 Ditampilkan hadits tentang kebersihan peserta didik dapat menyebutkan arti hadits dengan benar. C.1 7,8, Mempraktikkan perilaku hidup bersih seperti yang terkandung dalam hadits. IX / 2 Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukankan sikap dan perilaku hidup bersih seperti yang terkandung dalam hadits. C.3 9,10, 11, 26, 32 3. Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terha¬dap aspek-as¬pek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sam¬pai iman kepada Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna. Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada Qadha dan Qadar . IX / 2 Disajikan beberapa pernyataan berkaitan dengan iman kepada qadha dan qadar, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.serta macam-macam takdir C3 12,13, 27,33 Menyebutkan contoh-contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari. IX / 2 Disajikan wacana tentang peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengemukakan ciri iman kepada qadha dan qadar. C3 14,15,16, 28, 29, 34 Menyebutkan ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan Qadha dan Qadar. IX 2 Ditampilkan beberapa ayat al-Qur’an, peserta didik mampu menyebutkan ayat-ayat yang berkaitan dengan qadha dan qadar. C3 17, 30 4. Menjelaskan dan membiasa-kan menjauhkan diri dari perilaku tercela. Menghindari perilaku tercela (takabur) dalam kehidupan sehari-hari. IX/2 Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari yang mengandung sikap tercela (takabur) , peserta didik dapat memahami pengertian takabur serta menentukan sikap untuk menghindarinya. C2 18,19, 20,35 KLASIFIKASI : Kisi-kisi yg sudah dibuat ASPEK JUMLAH SOAL KET 2010 2011 Al Quran/Hadits 10 10 Akidah 12 10 Akhlak 12 11 Fiqh 10 12 Tambahan shalat berjamaah, zakat, haji SKI 6 7 JUMLAH 50 50 KOMPOSISI SOAL : PROSENTASE MATERI  KELAS 20 %  KELAS 30%  KELAS 50 % Kompetensi Dasar “AKHLAK” Kelas 7 4.1. Menjelaskan pengertian tawadhu’, taat, qonaah dan sabar 4.2. Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadhu’, taat, qonaah dan sabar 4.3. Membiasakan perilaku tawadhu’, taat, qonaah dan sabar 11.1.Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet dan teliti 11.2. Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti 11.3. Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti Kelas 8 3.1. Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakal. 3.2. Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakal. 3.3. Membiasakan perilaku zuhud dan tawkal dalam kehidupan sehari-hari. 4.1. Menjelaskan pengertian ananiah, ghodlob, hasud, ghibah dan namimah. 4.2. Menjelaskan contoh-cotoh peilaku ananiah, ghodlob, hasud, ghibah dan namimah. 4.3. Menghindari peilaku ananiah, ghodlob, hasud, ghibah dan namimah. Dalamkehidupan sehari-hari. 12.1. Menjelaskan adab makan dan minum 12.2. Menampilkan contoh adab makan dan minum. 12.3. Mempraktekan adab makan dan minum. 13.1. Menjelaskan pengertian prilaku dendam dan munafik. 13.2. Menjelaskan ciri-ciri prilaku dendam dan munafik 13.3. Menghindari perilaku dendam dan munafikmelaksa Kelas 9 4.1. Mejelaskan pengertian qona’ah dan tasamuh. 4.2. Menampilkan contoh perilaku qona’ah dantasamuh. 4.3. Membiasakan perilaku qona’ah dan tasamuh. 11.1. Menyebutkan pengertian takabur. 11.2. Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur. 11.3. Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari KISI KISI UTS MULOK KARAWITAN Kelas VII&VIII Semester Genap DRAFT KISI-KISI SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER II MULOK KARAWITAN TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 KELAS VII dan VIII NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI KELAS / SMT. INDIKATOR C NO SOAL 1. Meningkkatkan pemahaman terhadap seni karawitan Menyebutkan istilah – istilah notasi dalam karawitan VII dan VIII/ 2 Disajikan beberapa pernyataan tentang istilah istilah notasi dalam karawitan C.1 1,2 VII dan VIII/ 2 Disajikan beberapa pernyataan tentang cara memainkan alat musik gamelan C.2 3,4 VII dan VIII/ 2 Ditampilkan istilah-istilah yang digunakan dalam memainkan gamelan. C.1 5,9 2. Menerapkan tata cara membaca serat kanayagan Menampilkan teknik dan pola memainkan alat musik gamelan. VII dan VIII/ 2 Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan sikap apresiatif dari memahami karawitan C.3 6, 3. Menjelaskan dan membiasa-kan mencintai seni musik daerah setempat. Menyebutkan jenis-jenis kesenian daerah dan alat musik daerah setempat. VII dan VIII/ 2 Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan jenis dan alat musik daerah C.1 7,8, Menyebutkan contoh-contoh upaya melestarikan seni musik daerah VII dan VIII/ 2 Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukankan sikap dan upaya dalam melestarikan alat musik daerah. C.3 10